Tips Memulai Usaha dan Mengelolanya 1


Sebagai pemula terkadang kita bingung apa dan bagaimaan memulai sebuah usaha, nah berikut akan saya bagikan tipsnya .


Tips mengelola usaha bagian 1

Ditulis Oleh : Muhammad Yusuf

1. Jadikan dengkulmu sebagai modal disaat engkau tak  memiliki modal

Dari judulnya saja sudah bisa ditebak kemana arah pembicaraannya ya. Jujur saya alergi dengan yang berkata: “Saya tak menemukan pekerjaan” , “Saya tak punya pekerjaan” .. dll

Karena orang-orang yang seperti ini telah mendaulatkan dirinya sendiri sebagai “Pemalas” . Karena aneh, orang yang berkata begini lebih memilih menganggur daripada bekerja walau hasilnya kecil-kecilan. Berarti lebih baik nol daripada dapat kecil. Mungkin lebih senang meminta daripada berusaha.

Peluang usaha itu banyak jika anda mau mencarinya. Dan Insya Allah ada peluang sekalipun belum memiliki modal, semisal menjadi pengantar koran, berjualan asongan, bahkan sebagian orang lebih memilih pekerjaan menjadi jasa pemanggul dipasar yang terhormat ketimbang menjadi pengangguran, ini merupakan sebuah pekerjaan mulia, karena mau berusaha, tidak sekedar menunggu dan menunggu yang tak pasti.

Selain itu merongsok kertas, kardus, gelas plastik dll bisa juga menjadi alternatif, beberapa kawan saya dipantura subang, dulunya menjadi seorang pemulung tanpa modal, namun alhamdulillah dalam 12tahun ini dia sudah menjadi bandar besar yang memiliki gudang, anak buah, dan fasilitas usaha lainnya.

Selain itu, jika punya kenalan dekat toko-toko parfume, peci, atau yang lainnya, anda bisa memintanya untuk menjual barang-barangnya dengan nongkrong gelaran dipasar, ditempat-tempat pasar dadakan, atau yang lainnya..

Beruntung jika anda memiliki modal kecil, anda bisa menempel pada grosir-grosir di pasar, semisal menjadi sales motoris jika anda mempunyai sepeda motor, intinya banyak pekerjaan yang bisa kita tekuni dan geluti sekalipun hasilnya kecil. Nah manfaatkan sebaik mungkin jika memiliki modal kecil , karena bukankah gunung terdiri dari kerikil kecil ?

Yang terpenting dari semua itu yang mahal nilainya adalah kejujuran dan kesetiaan, jujur terhadap orang yang membantu memberi fasilitas, dan tidak berkhianat kepadanya, karena pengkhianatan adalah salah satu penghambat usaha.

Saya tak peduli bahwa anda adalah seorang mahasiswa, siswa SMU, jika anda bisa memanfaatkan waktu maka mengapa mesti menganggur ? Padahal banyak sekali peluang yang bisa kita jalani .. nah mulia bukan jika kita mampu meringankan sedikit beban orang tua kita ?

Daripada anda duduk kongkow ngobrol ngalor ngidul, ngumpul ga jelas ga bermanfaat, mendingan belajar usaha dari sejak muda..deal ?

Nah itu diantara tipsnya, semoga bermanfaat…

Insya Allah bersambung…

Sumber : Artikel Jahe Merah Karomah

http://www.jahemerahkaromah.com/tips-mengelola-usaha-1/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s