Tips Memulai dan Mengelola Usaha 5


Hai sahabat setia pembaca website Jahe Merah Karomah alias Herbacenter Subang. ..

Malam ini saya kembali sambung memberikan support buat anda, tentang Tips memulai dan mengelola usaha yang sudah masuk ke bagian ke 5.

Nah posting malam ini, saya ingin membahas tentang :

Memahami Rantai Marketing

Jika anda bergelut dengan sebuah produk, bukan menjual jasa ya, maka anda mesti memahami Rantai Marketing. Karena tanpa memahami ini, usaha anda bisa terputus.

Suatu produk, bisa sampai kebawah melalui rantai marketing. Yaitu melalui beberapa tahap sebagaimana berikut :

1. Produsen, sebagai sumber pembuatan produk.

2. Pasca itu, produk selanjutnya masuk ke Distributor , ada yang berbentuk distributor tunggal, ada yang dari marketing produksi lari ke distributor wilayah (tergantung mana keadaan rantai marketing perusahaan tersebut).

3. Dari Distributor, selanjutnya di ditributsikan ke agen-agen atau grosir penjualan, ada juga yang langsung masuk ke toko – toko di pasaran.

4. Rantai berikutnya adalah penjualan toko ke warung-warung dan sampai ke tangan User (Pengguna / konsumen)

Nah demikian gambaran ringkasnya.

Dalam hal pendistribusian, kita jika mendapatkan produk  langsung dari produsen, maka kita bisa memposisikan diri sebagai Distributor. Di posisi ini ada banyak trik marketing yang bisa kita lakukan agar marketing kita sukses dan berhasil. Diantaranya :

1. Memahami, bahwasannya larisnya suatu produk adalah dengan dikenalnya di jajaran user / konsumen langsung. Oleh karena itu, marketing yang dijalankan langsung menuju pasar-pasar tradisional maka akan menumpuk di lokasi, alias tidak terjual, mengapa? Karena dengan kesibukan penjualan di toko, pemilik toko mungkin lupa menawarkan produk tersebut, dan karena tak dikenal, maka secara otomatis, siapa yang mau nyarinya ? Oleh karena itulah, marketing awal untuk sebuah produk baru, adalah merancang “Bagaimana caranya user / pengguna / konsumen bisa mengenal produk anda”

2. Memulai menembus pasaran dengan usaha menjajakan dan memperkenalkan produk langsung ke rantai konsumen, baik dengan iklan, bisa dengan melakukan penawaran langsung ke door to door,, atau memajang produk dan menawarkannya di tempat-tempat umum, bisa juga dengan membagikan brosur sebagai media informasi tentang produk kita. Bahkan terkadang, pihak produsen sengaja belum memproduksi banyak produknya, mereka sekedar menjual brosur saja, disaat permintaan order sudah naik di pasaran, barulah mereka meningkatkan kuantitas produksi mereka.

3. Membentuk “Tim marketing” , ini sebuah hal yang sangat penting. Tanpa kerja sebuah Tim , maka penjualan biasanya kurang menuai sukses. Tim bisa terdiri dari “Sales Promotion” , “Tim Motoris” atau “Pembagi Brosur” , kerja tim ini merupakan ujung tombak sebuah marketing, jika berhasil maka insya Allah produk yang berkualitas dan baik marketingnya akan mampu menembus di pasaran. Pasca itu semua, barulah mempersiapkan“Sales Order” dan “Delivery Order” dan jika di butuhkan, barulah mempersiapkan “Tim Penagih Nota” jika memang dibutuhkan dan tak tertangani oleh “Sales Order”

Demiikianlah diantara pola rantai marketing, saya rasa anda bisa mudah memahami kok, karena bahasa yang saya sampaikan adalah bahasa umum, lugas dan bukan bahasa kelas tinggi yang mana memahaminya butuh puasa sampai puasa mati geni , nah ga perlu deh puasa seperti itu, karena bukan bagian dari Islam :D , semoga bermanfaat ya .. selamat merancang dunia marketing anda ..

Ditulis oleh Muhammad Yusuf

Pemilik Distributor Jahe Merah Karomah | Herbacenter Subang , Divisi Marketing Online Penanganan Seluruh Wilayah Indonesia. 

Pengiriman ke Cirebon Bersama Kang DedePengiriman Ke Cirebon

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s