Software Mesin kasir Gratis Buatan Anak Negeri


Jahe Merah Karomah Original

Sahabat Jahe Merah Karomah dot Com …

Hasil Blog walking kali ini lumayan menghasilkan nih.. dapet nemu software mesin kasir yang lumayan handal (sudah saya coba, ok banget gan :D ) , ..

Mantepnya nih gan, ini buatan anak negeri kita, sahabat-sahabat yang ahli IT, dan mereka baik gan, ngasih yang gretongan alias gratis bin ga bayar seperti yang biasa agan-agan harapkan .. :P , selaku pebisnis, lumayan agan bisa coba deh software tangguh tapi garatisan ini ..

Nah seperti ini nanti tampilannya :

Berikut saya beri sedikit tutorialnya :

Nama software : CASH POINT 2011, VERSION 2.0.6

DAFEARSOFT DEVELOPMENT TEAM

FADLUN ANATURDASA, MUHAMMAD FREDI & MARBI ALDIANTO

INDONESIA-BANDAR LAMPUNG

Jahe Merah Karomah Plus Susu

ABOUT CASH POINT ~ Software mesin kasir gratisan

Cash Point adalah program aplikasi yang dibuat untuk membantu prosedur sistematis usaha kecil menengah dalam hal mengelola keuangan, pemantauan stok dan aktifitas transaksi kasir. Cash Point dapat digunakan untuk berbagai bentuk bidang usaha seperti retail, restoran dan lain-lain.

REKOMENDASI HARDWARE

* Prossesor: Pentium 4 atau lebih

* RAM: 512MB atau lebih

* Harddisk: 40GB atau lebih

* Monitor: mendukung resolusi 1024×768 ke atas

Catatan dari Pemilik Jahe Merah Karomah :

Kalau agan pake notebook dengan resolusi 1024×600 ini ga kebaca utuh gan, bagian bawahnya kepotong. 

OPTIONAL HARDWARE

* Barcode Scanner

* Printer

* Mini/POS Printer

PETUNJUK PENGGUNAAN

Membuat database

* Pada tampilan awal Cash Point yaitu pada Form Login klik tombol New, maka muncul Form New Database.

* Ketikan Nama Database maka secara otomatis pada field Path Database akan tampil alamat direktori file Database yang akan dibuat nantinya

* Jika Nama Database sudah diisikan lalu klik OK atau atau tekan ENTER pada Keyboard, Database baru telah dibuat dan dapat Anda pilih di dalam field Database

Form Login

* Jika Anda ingin menggunakan database pada direktori tertentu atau file Database terdapat pada direktori LAN (untuk Aplikasi Multiuser dengan 1 database yang dibagi pakai antar PC), maka tandai checkbox Koneksi Database dari Path\LAN,isikan alamat file Database yang dituju, test koneksi dengan mengklik tombol Connect lalu klik tombol OK jika sudah selesai

FIRST LOGIN

* Pada tampilan awal Cash Point yaitu pada Form Login tentukan Database dengan memilih Database pada field Database lalu tekan ENTER.

* Isikan Username dan passwordnya, jika sudah diisikan lalu tekan ENTER atau klik tombol OK maka Anda akan masuk pada tampilan Form Awal Cash Point.

SETTING APLIKASI

Setelah Anda melakukan LOGIN tekan F7 atau klik Menu SETTING, maka Form SETTING akan tampil. Anda dapat mengatur konfigurasi aplikasi Anda melalui Form ini.

* Isikan nama Perusahaan, Alamat dan Telepon Anda tekan ENTER untuk melakukan perpindahan field.

* Isikan field NOTA data yang diisikan di dalam field NOTA nantinya akan ditampilkan setiap mencetak nota/bukti transaksi, tekan ENTER untuk melakukan perpindahan field.

* Tentukan port Printer pada field PORT PRINTER. Jika Anda tidak menggunakan Printer dengan port kabel LPT atau COM maka sebaiknya pilih Default saja, ini berarti Anda menggunakan Default Printer dan pastikan driver Printer Anda terinstal dengan baik. Tetapi jika Anda memiliki Printer dengan port kabel LPT atau COM sebaiknya tentukan pilihan Anda pada port dimana kabel Printer terpasang, ini dapat membuat pencetakan lebih cepat dan Anda tidak perlu menginstal driver tersebut.

* Jika sudah tekan ENTER atau klik tombol SIMPAN untuk menyimpan.

SETTING USER

Setelah melakukan Login Anda dapat merubah Password tersebut ataupun menghapus Usernya. Anda juga dapat menambah User baru dan mengatur hak aksesnya. Anda dapat mengatur hak akses User yaitu form-form mana saja yang dapat dibuka oleh User tersebut. Setelah melakukan Login klik Menu USER maka Form USER akan ditampilkan.

MENAMBAH USER

* Untuk menambah User baru langsung ketikan nama User pada field Username lalu tekan ENTER untuk berpindah Field.

* Isikan Password pada field Password.

* Tentukan hak akses User yang akan dibuat tersebut dengan menandai checkbox form-form mana saja yang boleh dibuka oleh User tersebut.

* Klik tombol SIMPAN untuk menyimpan, User baru telah terbuat.

* Anda dapat mencoba Login dengan User yang baru Anda buat, tutup Form User lalu klik menu LOGOUT untuk keluar jika ada pertanyaan pilih OK.

* Form LOGIN akan tampil isikan Username dan Password yang baru Anda buat tadi lalu cobalah untuk Login.

MENGUBAH USER

* Pilih Username yang ingin dirubah di field USERNAME.

* Setelah itu Anda dapat merubah Password dan hak aksesnya lalu klik tombol SIMPAN.

MENGHAPUS USER

* Pilih Username yang ingin dihapus di field USERNAME.

* Setelah itu tekan tombol HAPUS jika ada pertanyaan pilih OK.

* User telah terhapus dan tidak dapat melakukan Login, jika Anda sedang aktif dengan User yang dihapus tersebut maka sebaiknya Anda melakukan LOGOUT.

MASTERING DATA

Tekan F2 atau klik menu MASTER maka akan tampil Form MASTER. Form MASTER dapat digunakan untuk Mastering Data tetap yang akan digunakan untuk berbagai transaksi, data yang dapat di Mastering antara lain;

1. Data Jual Beli

Data Jual Beli dapat digunakan untuk menyimpan master data barang yang re-sale atau barang yang dibeli lalu dijual lagi tanpa ada perubahan pada barang tersebut, misalnya seperti Handphone, Alat Tulis dan barang re-sale lainnya. Data Jual Beli langsung mempengaruhi stok yaitu 1 banding 1, yaitu akan menambah stok jika melakukan pembelian dan akan mengurangi stok jika melakukan penjualan.

2. Data Penjualan

Data Penjualan dapat digunakan untuk menyimpan master data produk, baramg atau jasa yang akan dijual. Data Penjualan tidak hanya untuk barang re-sale saja tetapi untuk segala yang dapat dijual. Pengisian Data Penjualan tidak langsung mempengaruhi stok jadi Anda harus mensetting sendiri pada Form STOK jumlah dan stok apa saja yang akan berkurang jika dilakukan penjualan.

3. Data Pembelian

Data Pembelian dapat digunakan untuk menyimpan master data barang atau jasa yang dibeli untuk menghasilkan produk, barang atau jasa yang akan dijual.

Pengisian Data Pembelian tidak langsung mempengaruhi stok jadi Anda harus mensetting sendiri pada Form STOK jumlah dan stok apa saja yang akan bertambah jika dilakukan penjualan.

4. Data Kas Masuk

Data Kas Masuk dapat digunakan untuk menyimpan master data yang akan menambah uang kas jika dilakukan transaksi diluar penjualan, misalnya seperti modal awal, penambahan modal, pinjaman dan lain-lain.

5. Data Kas Keluar

Data Kas Keluar dapat digunakan untuk menyimpan master data yang akan mengurangi uang kas jika dilakukan transaksi diluar pembelian, misalnya seperti penarikan kas oleh owner, gaji karyawan, sewa tempat dan lain-lain.

6. Data Pelanggan

Disini Anda dapat menyimpan data pelanggan Anda untuk Aplikasi standard Anda dapat mengisinya dengan nama-nama pelanggan ataupun Anda bisa mengisinya dengan data-data misalnya seperti meja (restoran) dan rumah pelanggan (developer) tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Data Supplier

Disini Anda dapat menyimpan data pemasok barang-barang Anda, seperti data toko grosir tempat Anda membeli barang-barang stok Anda atau juga nama dari orang yang memasok barang tentu juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

8. Data Karyawan

Disini Anda dapat menyimpan data-data karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda, termasuk juga data Anda/Owner itu sendiri.

Nah selanjutnya agan pelajari saya ya .. :D

Untuk mendownloadnya silahkan masuk kesini lalu klik saja Gambar disana .. mudahkan gan?

One thought on “Software Mesin kasir Gratis Buatan Anak Negeri”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s