Daun Salam – Daun Bumbu Penyedap Rasa Penyegar Raga


Siapa sangka, daun salam yang biasanya hanya untuk penyedap masakan, ternyata mengandung khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Daun yang mengandung minyak asiri itu dapat meluruhkan kolestrol dan beberapa penyakit lainnya, seperti kencing manis, maag, diare dan tekanan darah tinggi. Hebat kan?

Salam atau Syzygium Polyantahum selain berkhasiat sebagai peluruh kolestrol, memang diindikasikan bisa pula menyembuhkan, kencing manis, tekanan darah tinggi, sakit maag dan diare. Khasiat itu tak lepas dari kandungan kimianya. Dalam beberapa penelitian, ditemukan sejumlah zat antara lain minyak asiri, tanin, flavonoid, sitral, dan euganol.

Dra Asmanizar Apt dari Jurusan Farmasi FMIPA UI Jakarta, mengatakan daun satu ini mengandung 0,05 persen minyak asiri, sejenis minyak yang berfungsi sebagai antibakteri. Sementara tanin berfungsi sebagai astrigent yang bisa meniciutkan luka dan sejenisnya.

Salam bisa tumbuh dan hidup di dataran rendah hingga yang berketinggian 1400 m di atas permukaan laut (dpl). Bukan hanya orang Indonesia, bangsa Inggris juga mengenal tanaman ini dan menyebutnya salam leaf. Dalam beberapa literatur salam ditemukan dan diteliti pertama kali oleh Pangeran Eugene dari Savoy. Karena itu ada juga yang menyebut Eugenia Polyantha.

Hingga kini sudah berulangkali penelitian selesai dilakukan untuk mengetahui kandungan kimia dan khasiatnya. Sejumlah buku tentang tanaman obat, sudah lama pula memuat uraian tentang khasiat salam. Misal An Illustrated Gudie To Antineoplastic Chinese Herbal Medicine terbitan Hongkong dan Herbs to Grow and Use, Better Homes, and Gardens terbitan Murdoch, Sidney Australia.

Adapun cara menggunakan salam untuk mengatasi darah tinggi adalah dengan mengambil 7-10 lembar daun salam, cuci kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian setelah dingin disaring, lalu minum. Lakukan sehari dua kali, dan tiap minum sebanyak 0,5 gelas.

One thought on “Daun Salam – Daun Bumbu Penyedap Rasa Penyegar Raga”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s